Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Editorial

  • Dampak Konsesi Hutan terhadap Kehidupan Perempuan

    Data Global Forest Watch (GFW) mencatat hilangnya Tutupan Pohon di Lahan Gambut di Kabupaten Pelalawan dan Kabupaten Siak, Riau. Hal ini berpotensi terhadap terjadinya kebakaran hutan yang berangsur lama. Jumlah hutan yang terdegrasi proporsinya jauh lebih banyak dibandingkan hutan murni. Perempuan yang tergantung pada kondisi hutan akan mengalami dampak yang berkepanjangan di masa mendatang. Laju deforestasi yang semakin cepat per tahunnya di picu oleh banyaknya izin konsesi yang diberikan pada perusahaan-perusahaan perkebunan dan kehutanan, mengakibatkan akses masyarakat terhadap hutan dan sumber daya alam juga semakin terbatas.

Sebagai upaya mendukung penelitian kebijakan publik, memperkuat advokasi berbasis keanggotaan Organisasi Masyarakat Sipil atau CSO, dan bekerja untuk memastikan bahwa proses legislatif menjadi lebih efektif, transparan dan mewakili kepentingan warga negara. Program Representasi (ProRep) memfasilitasi lembaga penerima dana ProRep untuk membentuk jaringan lembaga penelitian kebijakan publik (Policy Research Network/PRN). PRN beranggotakan lima Lembaga Penelitian yaitu LPEM (The Institute for Economic and Social Research – Faculty of Economics, University of Indonesia), PPPI (Paramadina Public Policy Institute – Paramadina University), WRI (Women Research Institute), IRE (Institute for Research and Empowerment), and CSIS (Centre for Strategic and International Studies).  

 

Dalam rangka mendukung manajemen PRN, seluruh anggota PRN termasuk Women Research Institute dalam hal ini diwakili Direktur Penelitian Edriana Noerdin melakukan kunjungan  ke Lembaga Penelitian Kebijakan Publik di Washington, Amerika Serikat. Kunjungan ini untuk belajar bagaimana mengelola sebuah jaringan penelitian dan bagaimana jaringan penelitian tersebut dapat mempengaruhi kebijakan publik. Dari kunjungan ini juga diharapkan berbagi pengalaman dan pengetahuan tentang sejauhmana proses dan hasil penelitian dapat mempengaruhi pembuatan kebijakan. Selain itu dapat belajar tentang pengalaman berbasis jaringan penelitian kebijakan dalam mengelola tantangan dan memanfaatkan kekuatan dan peluang dalam mempertahankan kehadiran jaringan dan pengaruhnya dengan pembuat kebijakan.

 

Lembaga Penelitian (think tank) yang dikunjungi adalah: 

The Urban InstituteUrban Institute melakukan penelitian, mengevaluasi program, menawarkan bantuan teknis luar negeri, dan melakukan pendidikan mengenai isu-isu sosial dan ekonomi dalam rangka mendorong kebijakan publik yang sehat dan pemerintahan yang efektif. Selain itu Urban Institute juga melakukan pendidikan dan pengetahuan tentang tantangan sosial dan ekonomi nasional, juga penelitian berbasis bukti untuk menganalisis masalah dan mencari tahu kebijakan dan program kerja yang terbaik, untuk siapa, dan bagaimana.

 

The International Center for Research on Women (ICRW), ICRW merupakan lembaga penelitian yang bekerja untuk membuat perempuan di negara-negara berkembang ikut andil dalam upaya-upaya mengurangi kemiskinan global. Hasil penelitian ICRW diharapkan berdampak pada meningkatnya penghormatan terhadap hak-hak asasi perempuan, menjamin kesetaraan gender dan menciptakan kondisi di mana semua perempuan dapat berkembang.

 

 
     
 
     
 
     
 
     
 
     
 
     

Publikasi Terbaru

  • Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan

    Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan ditulis berdasarkan serangkaian pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang dilakukan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah terpilih, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh WRI pada 2012 dengan tajuk "Feminist Leaderships Paska Negara Otoritarian Indonesia dalam Mempengaruhi Gerakan Sosial dan Korelasinya dengan Peningkatan...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini