Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

Laporan Kegiatan Asia Pacific Academic Consortium for Public Health (APACPH)

Kolombo, Sri Lanka, 15-17 Oktober 2012

 

Kesehatan wajib dimiliki setiap individu agar dapat menjalani hidup dengan baik. Dengan memiliki tubuh yang sehat, manusia dapat menjalani hidup secara produktif dan efisien. Sebaliknya, tanpa kesehatan, manusia tidak akan dapat hidup secara layak, apalagi memenuhi kebutuhannya dan keluarganya. Konsensus yang berlaku di dunia internasional adalah mengukur kesehatan suatu negara dengan menggunakan Target Pembangunan Milenium (MDGs) sebagai indikator dari kesejahteraan dan kesehatan suatu bangsa. Ada banyak aspek dari target MDGs, mulai dari pendidikan, kesehatan, kesetaraan, hingga lingkungan dan kerja sama antara bangsa-bangsa. Targetnya adalah untuk mempercepat pencapaian masyarakat yang sehat dan produktif untuk dapat meningkatkan kemakmuran. Sayangnya, hingga 10 tahun setelah MDGs pertama kali diimplementasikan, masih banyak negara yang tidak mampu mencapai target-targetnya, terutama negara-negara Asia Pasifik, termasuk Indonesia.

Kunjungan Belajar dan Pelatihan Gender Budgeting dilakukan untuk mengidentifikasi, menggali, memahami, dan belajar tentang inisiatif, pengalaman dan perencanaan dalam penerapan, pelaksanaan, proses Gender Budgeting atau penganggaran berperspektif gender dan capaian-capaiannya di Filipina.

 

Pada Mei 2007, WRI mengikuti program peningkatan kapasitas di Manila, Filipina. Program yang diikuti ini adalah Konferensi tentang Hal-Hak perempuan Internasional dan Workshop tentang Migrasi yang diselenggarakan oleh Women and Gender Institute (WAGI), Miriam College. Selain menjadi partisipan dalam kedua kegiatan di atas, WRI juga melakukan kunjungan ke beberapa organisasi perempuan di Manila dalam rangka membangun jaringan/networking.

Debbie Budlender bersama Rhonda Sharp merupakan pioner dalam mengangkat pentingnya isu gender budget. Banyak tulisannya mengangkat isu gender budget antara lain How to do a Gender-Sensitive Budget Analysis: Contemporary Research and Practice ditulis bersama Rhonda Sharp dan Kerri Allen, diterbitkan oleh Australian Agency for International Development; Commonwealth Secretariat, Canberra, 1998. Tulisan lainnya yang ia tulis sendiri antara lain Budgeting to Fulfil International Gender and Human Rights Commitments, diterbitka United Nations Development Fund for Women, 2004 dan Gender Responsive Budgeting: Manual for Trainers, diterbitkan oleh United Nations Development Programme, 2004.

Rhonda Sharp, seorang Professor dalam bidang ekonomi dari Australia merupakan pioner dalam mengangkat pentingnya isu gender budget bersama Debbie Budlender. Tulisannya 'How to do a Gender-Sensitive Budget Analysis: Contemporary Research and Practice' ditulis bersama Debbie Budlender dan Kerri Allen, diterbitkan oleh Australian Agency for International Development; Commonwealth Secretariat, Canberra, 1998.