Women Research Institute

Promoting women leadership and inclusive,
gender-based, and sustainable natural resource governance

In the Shadow of Change adalah sebuah studi terhadap karya sastra yang diproduksi dan dikonsumsi di Indonesia. In the Shadow of Change merupakan satu tonggak penting dalam penulisan sejarah kesusastraan Indonesia. Melalui buku ini Tineke menyampaikan hasil penelitiannya selama 5 tahun, 1984 sampai 1989, sebuah pembacaan kembali terhadap 25 novel dan tiga cerita panjang dalam kurun waktu 5 dekade (1937 sampai 1986) dengan kacamata perempuan.


In the Shadow of Change adalah sebuah studi terhadap karya sastra yang diproduksi dan dikonsumsi di Indonesia. In the Shadow of Change merupakan satu tonggak penting dalam penulisan sejarah kesusastraan Indonesia. Melalui buku ini Tineke menyampaikan hasil penelitiannya selama 5 tahun, 1984 sampai 1989, sebuah pembacaan kembali terhadap 25 novel dan tiga cerita panjang dalam kurun waktu 5 dekade (1937 sampai 1986) dengan kacamata perempuan. Tineke Hellwig mengambil teori sastra feminis, yang berakar pada perubahan sosial di Barat dan berkembang di dunia akademis Barat untuk melakukan suatu pembacaan kritis terhadap karya-karya sastra Indonesia. Kritik sastra feminis meneliti bagaimana suatu teks merepresentasikan perempuan; bagaimana teks mendefinisikan feminitas dan maskulinitas; serta bagaimana teks menegaskan, mempertanyakan, atau mengkritik ideologi gender. Interpretasi feminis merupakan bagian dari perjuangan melawan ideologi patriarkhal yang dominan.

 

In the Shadow of Change merupakan pelopor dalam menerapkan kritik sastra feminis sebagai pendekatan untuk membaca satu per satu teks secara sinkronis, kemudian memetakannya secara diakronis untuk menjawab satu permasalah pokok. Tineke menunjukkan bahwa kritik feminis “mempunyai tujuan politik yang jelas’ dengan visi untuk “mengedepankan konstruksi kenyataan yang berperspektif feminis.” Bertolak dari ideologi feminis yang “mengarahkan perempuan menjadi subyek yang sadar pada identitas seksual dan gendernya”.


Kritik feminis yang dipakai oleh Tineke mau tidak mau bersifat normatif. Oleh karenanya, walaupun mengakui kemungkinan keragaman makna, kerangka normatif yang dipakai cenderung menunjukkan prioritas terhadap pemaknaan tertentu, dan bukan tidak mungkin kemudian cenderung untuk membatasi toleransi terhadap kemungkinan makna yang lain. ***


Judul Asli: In The Shadow of Change, Images of Women in Indonesian Literature
Penulis: Tineke Hellwig
Penerbit: Women Research Institute & Desantara, Juli 2003
Tebal: xxiii + 283 halaman
ISBN: 979-96461-5-4

Publikasi Terbaru

  • Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan

    Panduan Pelatihan Kepemimpinan Perempuan ditulis berdasarkan serangkaian pelatihan peningkatan kapasitas kepemimpinan perempuan yang dilakukan oleh Women Research Institute (WRI) di lima wilayah terpilih, yaitu Padang, Deli Serdang, Mataram, Pekanbaru, dan Jakarta. Hal ini merupakan tindak lanjut dari penelitian yang dilakukan oleh WRI pada 2012 dengan tajuk "Feminist Leaderships Paska Negara Otoritarian Indonesia dalam Mempengaruhi Gerakan Sosial dan Korelasinya dengan Peningkatan...

Lembar Informasi

Press Release

Informasi Terkini